3 Juni 2013

[Asal Tahu] : Beli Tiket Kereta via Internet

Hai, hai..
Kali ini gue akan posting bagaimana gue membeli tiket keluar kota untuk pertama kali. Ya! Anda tidak salah membaca, keluar kota-beli tiket-pertama kali.. Hahaha.. Maklum, anak dalam kota, jadi hanya tahu rumah-sekolah-kantor-gereja-mall-rumah lagi. Intinya sih, segala pelosok kota Tangerang pasti tahu..

Untuk sebuah tempat yang dikategorikan sebagai 'luar kota', tentu ini bukan kali pertama buat gue. Jika Puncak, Bogor dan Bandung termasuk kategori diatas tadi, otomatis gue gak sepenuhnya anak dalam kota. Hehe.

Nah, perjalanan kali ini gue akan berkunjung ke Jogjakarta. Untuk dapat sampai ke sana, gue memilih menggunakan moda transportasi kereta api. Transportasi berbaju besi dan satu-satunya yang memiliki jalur khusus di darat. Pertanyaannya, kenapa harus kereta api? Alasan pribadi gue ialah akan kesenangan gue akan si kuda berbaju besi ini. Alasan umumnya, kereta memang lebih murah dibandingkan tiket pesawat yang otomatis menyedot kocek lebih dalam lagi.. Hiii...

Oke, kita ke topik utamanya. Bagaimana memesan tiket kereta api 'SENDIRI'... Ingat, ini tanpa perantara jasa ataupun mini market. Selain pergi sendiri ke stasiun tempat kereta tersebut berada, lewat online pun bisa. Hari gini gak bisa memanfaatkan kemudahan ini, sungguh terlalu.. (gaya bang Rhoma..).

Hal pertama yang harus dilakukan adalah membuka website resmi PT.KAI untuk memesan tiket. Lalu akan muncul tampilan seperti ini...


Kalian akan disuguhi beberapa 'slide show' pemandangan-pemandangan (stasiun, peron, kereta, kantor KAI, dll). Lalu setelah itu pilih tiket dan ada tulisan reservasi yang tertulis diatasanya. Klik Reservasi.
Akan muncul tampilan seperti ini:



Pilih tanggal keberangkatan, stasiun asal, stasiun tujuan, jumlah penumpang lalu klik tampilkan. Lalu disebelah kiri kotak dialog tadi, akan ada daftar kereta yang menuju ke Jogja (tujuannya ke Jogja kali ini). Silahkan pilih deh. Ada yang pagi sekali, ada yang malam sekali. Lihat waktu tiba-nya ya. Lebih enak sebenarnya pergi malam, sembari tidur dan gak berasa. Namun karena inginnya tiba disana sebelum jam 9 malam, maka gue terpaksa pilih keberangkatan pagi. Jam 7 kurang 10 menit.


Klik booking. Lalu muncul tampilan seperti ini:

Klik terms - nya, lalu lo akan diarahkan ke tampilan ini:



Isi data penumpang (pastiin! harus sama dengan nama di KTP ya!!), no KTP. Isi juga data pemesan. Setelah itu, isi kode chapta kemudian klik 'selanjutnya'. Setelah itu kamu akan diarahkan ke halaman selanjutnya yakni pembayaran.

Klik cara pembayaran kemudian selesai!

Lha? Begitu doank? Ternyata tidak. Setelah itu kamu akan dikirimi email oleh website mengenai bukti pemesanan. Ada kode pemesanan dan detai serta ketentuan tiket. Cara pembayaran? Jikalau account bank-mu memfasilitasi akan internet banking, kamu bisa langsung bayar. Namun account bank gue belum ada fasilitas itu. Maka malam harinya gue bela-bela ke ATM dan melakukan pembayaran. Ternyata! Kode perusahaan-nya saya tidak tahu. Akhirnya balik lagi deh saya dan cari tahu cara pembayarannya. Dapat! Kode perusahaannya 711711 lalu ketikkan kode pemesanan dan struk pun keluar. Jadi deh..

Kita tinggal tukarkan struk asli itu pada loket dimana stasiun kita pesan. Nah... Mudah, kan? Tak perlu tunggu dan antri-antri. Seperti apa ya prosedur penukarannya? Kita lihat nanti dan mudah-mudahan akan masuk ke postingan berikutnya.


Info ini diberikan kepada teman-teman agar sekedar tahu. Mudah-mudahan membantu dan bermanfaat. Asal tahu bukan asal-asalan. Hehehe...





Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Sila komentar. Komentarmu adalah penyemangat untuk tulisan berikutnya! See ya! ^^