21 Mei 2013

Yang MUDA yang BERKARYA...







Kita MUDA!! Kita BISA!!




Itulah dua kalimat yang terus diucapkan oleh sang koordinator Bina Iman Anak Paroki HSPMTB, Lidya Natalia Susanti. Sebulan lebih menyiapkan sebuah acara 'Pelatihan Pembina BIA' se-paroki. Akhirnya pada tanggal 12 dan 19 Mei 2013, acara pelatihan itu pun terealisasi juga.



sesi spiritual
Awalnya acara dibatasi hanya 50 orang dan bertempat di aula st. Agustinus, Gereja HSPMTB. Namun,  berkat promosi serta antusias yang begitu besar dari pada anggota wilayah dan lingkungan, -/+ 100 peserta terdaftar dan mengikuti acara tersebut. Sehingga acara pun otomatis dipindah ke tempat yang lebih luas yakni Sekolah Strada St. Maria.

sesi motivasi
Acara dibagi dalam dua hari, dalam dua minggu. Minggu pertama, 12 Mei 2013, acara diisi dengan games, kata-kata sambutan, serta pemberian materi seperti motivasi, psikolog anak, bahan pengajaran dan lain sebagainya. Sementara itu, di minggu ke dua, 19 Mei 2013, para peserta diminta untuk mempresentasikan cara mengajar dan silabus yang akan disampaikan untuk anak-anak nantinya.



Seluruh peserta pelatihan ini berasal dari anggota wilayah dan lingkungan yang telah dan akan membentuk Bina Iman Anak di wilayah/lingkungan mereka. Sekitar -/+ 10 lingkungan/wilayah mendaftarkan anggota mereka untuk mengikuti pelatihan ini.

sesi katekese
sesi peragaan bercerita
diskusi kelompok
Acara dimulai pada pukul 08.30. Sebelumnya, para peserta diminta untuk registrasi ulang agar menyesuaikan dengan data yang telah diperoleh. Pada hari pertama sudah tampak wajah-wajah muda yang diutus oleh para pengurus lingkungan/wilayah untuk mengikuti pelatihan ini. Tak luput pula wajah-wajah yang sudah berumur namun tetap antusias mengikuti pelatihan ini. 'Kakak besar' dan 'Kakak kecil' itulah panggilan untuk seluruh pembina yang kelak akan mengajar adik-adik yang nantinya akan menjadi generasi penerus gereja.

Dihari kedua terjadi penurunan yang tidak terlalu signifikan. Nyanyi-nyanyian diserukan para pembina yang mempraktekkan kegiatan mengajar mereka siang hari itu. Tepat pukul 14.00, acara pelatihan pembina BIA pun selesai. Ditutup dengan foto bersama serta rasa senang yang meliputi seluruh peserta maupun panita.
buang segala kelemahan dan raih semangat baru


praktek bercerita


games (h-2)

para binaragawan/wati BIA







Semoga pelatihan ini tidak hanya berlangsung sesaat melainkan terus berkembang hingga menciptakan bibit-bibit baru yang bersedia melayani anak-anak dengan sepenuh hati. Kita muda? Bukan berarti tidak bisa. Yang MUDA yang BERKARYA...










[Foto-foto diambil dari dokumen pribadi penulis, twitter BIA (thanks Sisca) lalu sang fotografer (Thanks ko Deva)...]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Sila komentar. Komentarmu adalah penyemangat untuk tulisan berikutnya! See ya! ^^

Ada kesalahan di dalam gadget ini