4 Maret 2014

(Jog)JAKARTA

Beda Jakarta, beda (Jog)JAKARTA!

'JOG'.

Tiga huruf depan dari kata Jogjakarta ternyata memang berarti banyak, sekaligus pembeda yang cukup kontras atas dua kota ini.
source

Jakarta, merupakan IBUKOTA Negara saat ini, sedangkan Jogjakarta, mantan IBUKOTA Negara dimasa lampau.

Jakarta, kota Megapolitan dengan arus urbanisasi terbesar di Indonesia. (opini pribadi!)
Jogjakarta, kota Metropolitan yang masih berbalutkan kebudayaan yang cukup kental.

Jakarta, dimana orang-orang bisa menyeberang jalan dengan SEMBARANGAN, meski ada zebra cross, jembatan penyebrangan ataupun lampu lalu lintas khusus penyebrang.
Jogjakarta, tempat dimana gue disoraki oleh penduduk saat menyeberang secara sembarangan, menandakan gue benar-benar pendatang, khususnya dari Jakarta.
source
Jakarta, tempat dimana gue bisa berbicara sesuka hati gue, dengan bahasa kasar+halus dan tetap dianggap biasa oleh pendengarnya.
Jogjakarta, tempat dimana gue ditegor oleh pedagang kaki lima hanya karena gue manggil teman gue dengan sebutan, "eh, eh, hei, hei."

Jakarta, penuh sejuta cerita baik-buruknya kota, dimana kebudayaan asing menggerus keras di tiap sudut kota.
Jogjakarta, penuh sejuta cerita kebudayaannya dibalik semaraknya arus globalisasi yang masih dapat diselimuti budaya tradisional.

Jakarta, kota yang penuh hiruk-pikuk masyarakatnya, yang sering dibenci, sering juga dicinta.
Jogjakarta, kota yang kental budayanya, yang sering disanjung, juga kadang dicibir.

Jakarta, Jogjakarta, dua kota yang mengagumkan.
Segala kebaikan, keburukan yang hanya milik kita, satu Indonesia.

Satu (JOG)JAKARTA...

3 komentar:

  1. Foto Tugu Jogja tahun berapa ya itu? Jadi kangen. Sekarang nggak seperti itu lagi. Tamannya diperlebar. Jadi ada area untuk tempat foto-foto

    BalasHapus
  2. saya belum pernah datang ke dua kota Istimewa tersebut.
    Postingannya bisa jadi acuan nih, kalo ntar mau prgi ke sana, terutama jogja :D

    (andre.web.id)

    BalasHapus
  3. @wihikan: iya, itu foto sya dpt dr internet. Foto tugu jogja yang sy ambil gambarnya ngeblurr.. hehehe..

    @petrus: sip! kota yang istimewa dan menarik! :D

    BalasHapus

Sila komentar. Komentarmu adalah penyemangat untuk tulisan berikutnya! See ya! ^^