25 November 2013

Kita MUDA, kita BISA!! #part2

Hidup pemuda!


Kamu merasa masih muda? Atau sudah berumur tapi punya jiwa pemuda? Hebat! Berikan tepuk tangan untuk kita semua... *prok prok*

Sebagai generasi muda, gue merasa sedikit berbangga belakangan ini. Bukan berarti sebelumnya gue tidak merasa bangga loh. Hanya kadar 'kebanggaan' gue semakin meningkat kadarnya. *obat kali pake kadar...*

Masih ingat akan para muda-mudi yang berhasil menyelenggarakan sebuah pelatihan tingkat paroki? Ya, para muda-mudi sekaligus pembina BIA HSPMTB telah berhasil melaksanakannya. Dan yang paling penting dicatat adalah kami yang muda tidak kalah hebat dengan mereka yang sudah PRO! *tepuk tangan lagi*

Nah, kali ini para muda-mudi HSPMTB diajak untuk mengikuti OMK Gathering pada tanggal 23 November 2013, hari Minggu  yang lalu, di Gandaria City bersama Cardinal Rylko dari Vatikan (Ketua Dewan Kepausan untuk Kerawam dan Kepemudaan Vatikan). Kegiatan ini tidak hanya melibatkan OMK dari Keuskupan Agung Jakarta melainkan mengajak 2 Keuskupan lain yakni Keuskupan Agung Bogor dan Keuskupan Agung Bandung. Tiga Keuskupan dan puluhan Paroki. Keren nggak tuh!


Pagi-pagi sekali, kami rombongan dari Paroki HSPMTB berkumpul di gereja dan langsung menuju bus setelah absensi kehadiran. Kepergian rombongan kami diiringi doa pembuka yang dipimpin langsung oleh Rm. Swasono selaku Pastur Paroki. Berkat banget nih, dapat berkat langsung dari Romo Swa.

Kurang lebih 40-an OMK berangkat menuju Gandaria City. Tiba disana, kami serombongan langsung diarahkan menuju pintu masuk. Langsung terlihat ribuan OMK dari tiga keuskupan berseliweran dimana-mana. Rame!!

Naik eskalator, muter-muter, tiba di photo booth OMK Gathering. Tidak lupa, foto-foto dulu. Narsis dulu sebelum acara. Sejenak kemudian, kami digiring ke lantai paling atas menuju Skenoo Hall. Keramaian yang gue lihat di lantai-lantai sebelumnya ternyata masih belum sebanding dengan keramaian di depan Skeeno Hall.


Setelah mengambil makan siang dan snack, kami diarahkan memasuki Hall. Kesan pertama begitu masuk Hall adalah... Amazing! Rame! Menurut info, ada kurang-lebih 5000 OMK yang berpartisipasi dalam acara tersebut. Gue pun langsung berkomentar, "berarti ada 5000 orang Katolik yang ada di gedung ini, saat ini juga! Dahsyat!"

Acara dibuka dengan Marching Band lalu diikuti performance-performance yang menarik. Dari para Diosesan hingga penyanyi Rohani. Dari Tarian khas Papua hingga Tari Kecak. Dari Bandung-Bogor hingga Jakarta. Oh ya. Rupanya acara ini ada bintang tamu yang tidak diduga loh. Siapa dia? Dia adalah Nugie.

Acara gathering yang dimulai dari jam 11 siang ini pun akhirnya ditutup dengan Misa Konselebrasi bersama belasan Pastur, 4 Uskup dan 1 Kardinal dari Vatikan. Misa dibawakan dengan multilingual bahasa. Dengan gaya ala Vatikan, misa yang diselenggarakan menambah motivasi para generasi muda untuk semakin berkarya lagi ke depannya.


Okeh. Foto-foto sudah, performance dari para peserta acara sudah, Misa Konselebrasi pun sudah. Lalu, apa yang bisa di dapat dari acara ini? Hanya senang-senang? Tentu saja tidak.


Secara pribadi, gue merasa acara ini sedikit menambah motivasi gue untuk terus berkarya. Dimana pun berada tanpa harus takut mengakui iman kita.

Katolik Imanku, Garuda di Dadaku. Itulah satu kalimat yang tidak terlupa. Selama acara berlangsung, diperlihatkan beberapa video para kaum muda Katolik yang membawa Indonesia di kancah dunia. Kami muda. Bukan berarti kami tidak bisa dan tidak boleh melakukan hal besar yang bisa dilakukan oleh orang-orang besar diluar sana.

Dampak-dampak dari acara gathering seperti ini pasti akan membawa buah-buah kebaikan bagi teman-teman OMK yang mengikutinya. Berharap diacara berikutnya, kami para generasi muda, yang sudah pernah, belum pernah ikut maupun yang nanti akan ikut kembali, dapat membawa kembali cerita motivasi akan semangat-semangat jiwa muda serta membawa kabar damai bagi sesama.

Seperti kutipan ayat berikut ini:
"Jangan seorangpun menganggap engkau rendah karena engkau muda. Jadilah teladan bagi orang-orang percaya, dalam perkataanmu, dalam tingkah lakumu, dalam kasihmu, dalam kesetiaanmu dan dalam kesucianmu."

Maka, kita yang MUDA pasti BISA! Hidup para muda-mudi Katolik! Hidup OMK!


(Foto-foto diambil dari dokumen pribadi penulis dan OMK Hspmtb. Thanks a lot all.. ^^)

2 komentar:

Sila komentar. Komentarmu adalah penyemangat untuk tulisan berikutnya! See ya! ^^

Ada kesalahan di dalam gadget ini