7 Desember 2014

Small Trip

Disekolah tempat gue mengajar, ada kegiatan yang namanya Small Trip. Seperti arti kata 'small' itu sendiri, perjalanan ini memang hanya sekedar jalan-jalan namun ada nilai edukasinya juga. Small trip pertama gue di sekolah memiliki nilai edukasi 'Memperkenalkan Bermacam-macam Agama'.

Nah, maka dari itu... Small trip pertama gue ini memiliki destinasi tempat-tempat ibadah yang ada di sekitar kita. Tinggalnya di Tangerang, jadi tempat ibadah yang ada di Tangerang. Setelah ada pembagian jadwal dan segala macamnya, akhirnya pada 29 Oktober 2014 kemarin, kelas gue berangkat menuju beberapa tempat ibadah untuk diperkenalkan kepada anak-anak. Mana aja tuh?

Yuk, capcus...

1. Vihara Boen San Bio.


Vihara ini biasa dikenal Vihara Nimala. Kelas gue kebagian tempat ibadah ini sebagai destinasi pertama. Berangkat dari sekolah jam setengah 8 pagi, anak-anak meluncur dengan bus sekolah ke Boen San Bio dengan lancar tanpa hambatan. Sepanjang hari itu gue berharap agar dapat menjaga sikap saat anak mulai berulah.

Disana, anak-anak diajak berkeliling vihara dan melihat 14 tempat sembahyang dewa-dewi serta Tuhan dan para leluhur mereka disana. Selepas dari Vihara, meluncurlah kami ke tetangga yaitu...

2. Pura



Berhubung kami tidak diperbolehkan makan di dalam Pura, maka anak-anak yang sudah mulai kelaparan pun makan di ruang serba guna untuk makan. Kami menggelar tikar seadanya lalu, hap hap hap, makan sampai habis. Seusai makan, anak-anak diajak berbaris memasuki Pura tanpa alas kaki, alias hanya kaus kaki saja.

Anak-anak juga di perciki air oleh pemuka agama disana, bilangnya agar suci saat memasuski Pura. Penampakan di dalam, ada bangunan seperti model di Bali gitu, ada meja altarnya lalu foto di depan bangunan Pura.

3. Litang



Orang Benteng sih bilang ini klenteng yah, cuma di list perjalanan gue dinamakan Litang. It's okay, nggak masalah kok. Di destinasi terakhir ini, anak-anak dijelaskan mengenai nabi yang membawa ajaran tersebut. Menurut tangkapan gue dari cerita pemuka agama disana, Kong Hu Cu itu justru nabi yang membawa ajarannya, jadi bukan nama agama sebenarnya. Yah... gue juga nggak begitu ngerti sih.

Overall, perjalanan pertama gue disekolah lumayan ribet namun menyenangkan. Anak-anak antusias apalagi saat di Litang, sang pemuka agama sudah bingung mau ngapain, anak-anak gue dengan pe-de-nya mengajukan diri nyanyi berbagai macam lagu dan minta tambah. Hebat nggak tuh.

Mereka memang anak-anak yang luar biasaa, sama kayak teachernya.. :D

Sekembalinya dari perjalanan, anak-anak mulai merasa lelah dan pulang ke rumah masing-masing. Oia, ternyata Small Trip itu setahun 2 kali, jadi mungkin akan ada postingan Small Trip lainnya niih.
Stay tune ya!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Sila komentar. Komentarmu adalah penyemangat untuk tulisan berikutnya! See ya! ^^