4 Juni 2013

Apalah arti [Sepenggal] Nama ??

gambar diambil disini



Pepatah ada yang mengatakan, 'Apalah arti sebuah nama?'. Sebuah nama seseorang terdiri dari beberapa bagian. Di seluruh penjuru hingga pelosok dunia memiliki tradisi dan kebiasaan masing-masing yang sudah turun temurun dari jaman nenek moyang (ku seorang pelaut, giat mengarung luas samudra) hingga jaman papa-mama.

Di benua Asia yang di dominasi oleh orang-orang Tiongkok alias Chinese atau China (keturunan atau pun asli China) sudah pasti mengenal yang namanya Marga/Nama Keluarga/Nama yang turun temurun tak boleh lepas dari seseorang. Hal ini terutama bagi anak laki-laki yang kelak akan meneruskan garis keturunan keluarga tersebut. Lalu apa yang terjadi dengan keluarga yang sama sekali tidak punya anak laki-laki? Kemungkinan terburuknya mungkin akan adanya kepunahan daripada nama keluarga itu.

Skip! Okeh, kita kembali lagi ke arti [sepenggal] nama tadi. Di Indonesia, negara tempat gue lahir, tumbuh dan berkembang hingga sekarang, juga memiiliki berbagai macam adat dan tradisi yang harus, kudu, mesti diikuti oleh para keturunan mereka. Misal saja, ada sebuah suku yang mengharuskan memiliki anak perempuan karena kelak anak perempuan mereka itulah yang meneruskan garis keturunan mereka. Si laki-laki yang akan menikahi perempuan dari suku tersebut harus rela mengganti nama keluarganya dengan nama keluarga si perempuan. Tapi tidak jarang juga tradisi seperti yang gue jelasin sebelumnya itu ada.


Skip! Lanjut, karena gue lahir sebagai keturunan Chinese dan hidup di kota Tangerang yang multi etnik, maka nama keluarga pun tidak begitu menonjol lagi sekarang ini. Namun karena ada kesalahan pada penginputan data penduduk, maka nama keluarga gue tiba-tiba muncul tanpa diundang dan pulang tidak diantar (kayak mantra apa gitu....). Sebagai keturunan Chinese, otomatis punya marga 'Cina' dong. Pasti punya, tapi sayangnya gue gak punya nama Cina. Menurut mama gue, beliau bilang, 'sekarang mah sama aja. Gak usah punya nama cina, ngeribetin. Satu aja udah cukup.'

Jleb...! Tragis memang. Terkadang iri gitu dengan teman-teman yang dikasih nama Cina tapi tak jarang juga teman-teman yang senasib dengan gue. Maklum, hidup bukan lagi di orde baru. Nama Cina harus di Indonesia-kan!!! 

Skip! Lalu, keinginan tadi berubah jadi obsesi. Tercetuslah sebuah kata... "Cha..." oleh salah seorang teman. Sekali, dua kali terdengar aneh namun lama kelamaan... "Luicha..." Hahaha.. Terdengar lucu juga dan lumayan untuk digunakan sebagai nick name atau nama pena. Saat ide itu tercetus, Mama tiba-tiba muncul dengan sebuah kata-kata yang membuat gue jleb banget. "Itu dikasih nama bagus-bagus diganti jadi Icha. Apa bagusnya coba."

Setelah ditimbang-timbang menggunakan timbangan batu bata dan memikirkan selama jam pasir bergerak (halah!), akhirnya terpikirkan sepenggal nama yang masih membanggakan nama asli serta menyisipkan panggilan tadi. Jadilah, Luiza Cha!

Cihuyyy!! Nama itu gue gunain di seluruh jejaring sosial. Coba sekarang cari di google, pasti muncul tampang gue gimana. (gimana coba tampang gue???)

Lalu tadi iseng-iseng nyari arti nama 'Luisa' dan nemu gambar ini nih...


Gak keliatan, di perbesar dong...

Nih, ditulis ringkasannya deh. Nama Luisa itu dari SPANYOL (mauuuu.... kesana dong...), artinya MULIA atau WARRIOR, wew berat amat yah artinya (teriak sambil lari-lari tidak percaya). Setelah membaca arti diatas lalu memutuskan menulis artikel ini.

Nama bukanlah hal yang sembarangan. Orang tua kita pasti memikirkannya masak-masak (sampai matang) nama apa yang akan diberikan untuk anaknya. Tidak berlebihan dan tidak kekurangan namun memiliki makna yang diharapkan oleh setiap orang tua. 

Sambil memangku dagu, gue langsung mikirin. Artinya gue harus belajar jadi orang yang MULIA atau menjadi seorang WARRIOR. Yah.. Sekarang hanya perlu berusaha dan berdoa. Hehehe....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Sila komentar. Komentarmu adalah penyemangat untuk tulisan berikutnya! See ya! ^^

Ada kesalahan di dalam gadget ini