20 Maret 2014

Tidak Telalu Manis

"Mbak, tahu-nya seporsi berapa?" ujar gue saat melihat pedagang baru di kantin Buddhi.
ini gambar cuma minjeeem dari sini

"Lima ribu, ci."

"Oh, boleh deh satu."

Mbak penjaga kios Tahu Kriuk langsung memasukkan 14 potong tahu ke dalam kotak 'tupperware' kemudian bertanya, "Mau rasa apa, ci?"

"Hmm.. Adanya?"

Si Mbak tidak menjawab. Ia hanya menyodorkan sekeranjang botol berisikan beberapa penyedap rasa, dari berbagai rasa.

"Kalau yang pedas ada?" tanya gue lagi.

"Ada. Balado sama Extra Hot," jawab Mbak penjual.

"Kalau di campur boleh?" *nanya mulu, nggak mau rugi.

"Boleh."

Dengan cekatan, Mbak penjual segera menuangkan bumbu Balado dan Extra Hot. Setelahnya, tahu pesanan gue dimasukkan ke dalam kotak sterofoam dan diberi tusuk sate. Sambil berjalan menuju ruang kelas, gue masukan tusukan tahu pertama ke dalam mulut dan rasanya... pas!

Perpaduan bumbu Balado yang agak manis dicampur rasa pedas dari bumbu Extra Hot seakan menyatu dan menciptakan rasa yang tidak terlalu manis, juga tidak terlalu pedas. Pas!

Tapi tetap saja, saat gue mengecap bumbu tahu terlalu lama, tiba-tiba gue tersedak dan membara-lah tenggorokan gue yang kepedasan.

"Ohokk, ohokk!"

Kepedasan di tenggorokan gue langsung disiram air mineral yang gue bawa dari kantor.

Pagi ini, tiba-tiba gue terinspirasi dari kejadian kemarin. Kita tahu rasa Balado yang manis dan rasa Extra Hot yang pedas, disatukan dan rasanya Pas!

Begitu juga dengan lika-liku kehidupan yang dialami tiap-tiap orang. Sebenarnya, tidak ada yang terlalu manis, tidak ada juga yang terlalu menyedihkan. Hukum tabur-tuai berlaku. Hukum roda berputar pun sama hakikatnya.

Jadi, saat kita terkadang merasa sedang berada di posisi paling bawah atau menyedihkan, ada hal-hal sepele yang sebenarnya dicampurkan Tuhan agar membuat rasa sedih itu tidak terasa terlalu menyedihkan. Entah, dari sahabat-sahabat yang kocak atau dosen yang killer tiba-tiba melawak bak Sule.

Balado itu manis, tapi... Sebagai pecinta pedas, manis saja tidak cukup. Terkadang bumbu Extra Hot juga diperlukan untuk memadukan rasa.

*pesen tahu kriuk seporsi lagi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Sila komentar. Komentarmu adalah penyemangat untuk tulisan berikutnya! See ya! ^^