22 April 2014

Never change!

Libur telah usaii.. Libur telah usaii... *lho?!

Yaah, daripada menahan kantuk gara-gara waktu tidur yang kurang, lebih baik nulis postingan ini, kan...

Liburan Paskah kemarin, gue sudah menyiapkan beberapa film yang gue minta ke salah satu teman kantor. Daripada gue cengo di rumah tanpa kerjaan, (sebenarnya sih adaaa...), lebih baik ada sesuatu yang bisa gue kerjakan toh?

Apa tuh?

NONTON!

Hahahaha!

Jadi inget jaman-jaman masih sekolah. Liburan sekolah, di TV ditayangin berbagai Movie yang hanya bisa ditonton pas liburan kayak kemarin itu. Sayangnya, karena gue bukan lagi pelajar... dan waktu libur yang tidak banyak juga... Akhirnya gue menghabiskan waktu nonton di Blue Acer gue.

Dari beberapa film yang gue minta, dua diantaranya bertemakan 'Time Travell', atau penjelajahan waktu. Keduanya sama-sama di produksi oleh PH dari Jepang. Sesaat gue terpikir, ternyata Jepang sebegitu besar keinginannya untuk dapat menciptakan mesin atau alat yang bisa membuat manusia melintasi waktu untuk kembali ke masa lalu atau melihat ke masa depan.

Yah... Ingat saja film kartun Doraemon, kucing biru yang datang dari abad 21. Itu TIME TRAVEL juga loh!

Film pertama yang gue tonton adalah Cyborg Girl atau My Girlfriend is Cyborg. Cerita film ini tentang seorang gadis yang datang dari dunia antah berantah ke tahun 2007 yang mengaku sebagai gadis yang datang dari 100 tahun mendatang, datang tepat pada ulang tahun Jiro. Jiro Kitamura--nama tokoh pria utama dari film ini rupanya jatuh hati dengan sang gadis. Hanya dalam waktu sebentar, ia mengalami banyak hal menyenangkan bersama si gadis masa depan.

Setahun kemudian, si gadis masa depan itu kembali datang, namun kini mengaku sebagai manusia robot. Lalu di pertontonkan video dari masa depan akan kehidupannya sendiri. Dari video itu bisa ditangkap kalau Jiro di masa depanlah yang membuat si gadis robot itu. Tujuan dari pengiriman robot itu adalah untuk merubah masa depan Jiro dengan menyelamatkan Jiro di masa lalu.

Aaaah, untuk lengkapnya silahkan tonton sendiri dan baca selengkapnya disini

Lalu, film yang kedua judulnya Time Traveller. Yaah, mirip-mirip-lah dengan cerita yang di atas. Penjelajahan waktu untuk sebuah misi. Lagi, penjelajahan ke masa lalu bermaksud mencari cinta pertama Kazuko Yoshiyama, ibu dari Arika Yoshiyama. Sayangnya, Akira ternyata salah tempat dan salah tahun serta tujuan. Namun, karena waktunya belum berselang lama dari waktu yang seharusnya, jadi Akira terjebak di masa itu lalu berusaha mencari cinta pertama Kazuko. Ternyata eh ternyata, cinta pertama ibu Akira juga berasal dari masa depan yang lebih jauh daripada Akira sendiri.

Ada nilai tersendiri yang disisipkan oleh film ini, yakni "Jangan sampai membiarkan Bunga Sakura hanya berakhir sebagai gambar di dinding belaka." Intinya, jaga lingkungan hidup lah...


Inti yang bisa di dapat dari kedua film tersebut adalah...

Jadikan masa lalu pelajaran untuk menjalani hari ini dan mengubah masa depan.


Di kedua film ini diceritakan bahwa dengan merubah masa lalu, kita bisa merubah masa depan kita agar menjadi lebih baik. Seperti di film pertama, masa depan Jiro berubah saat Jiro di masa depan mengirimkan robot sebagai penolong bagi Jiro di masa lalu. Sehingga bisa menjadi ilmuan paling hebat dan menghidupkan kembali si gadis cyborg yang pernah menolongnya.

Tapi, kita harus melihat juga sisi pesan dari film kedua. Saat Akira ingin merubah takdir dengan menyelamatkan Ryouta dari kecelakaan, Kazuo Fukamachi menahan Akira. Bisa melintasi waktu, bukan berarti bisa merubah takdir dan masa depan secara sepihak, kan?

Jadi, jika masa lalu-mu begitu kelam dan suram, tinggalkanlah ia. Ia tetap hanya akan berakhir sebagai 'Masa Lalu' apabila kita bisa bangkit dari masa-masa suram. Lalu menciptakan sendiri masa depan yang kita inginkan dengan belajar dari kesalahan masa lalu. Betul?!

Yaah.. Paling tidak, gue sudah mendapatkan lagi pelajaran dari dua buah drama yang bertema-kan sama. Lalu kini memang saatnya gue melangkah toh....

*ambil bakiak*

all picture are sourced from google.com

3 komentar:

  1. film emang selalu terselip pelajaran ya di dalemnya, apalgi film jepang.. saya juga suka film yang berbau time slip gitu :D

    BalasHapus
  2. @disha: Betul Disha! Thanks ya udah mampir.. :)

    BalasHapus
  3. Mbak tolong jelaskan ending film cyborg she itu mbak, ak barusan abis nnton tu film trus ak bingung di endingnya yang pergi k tahun 2007 itu robot atau gadis yanh mirip robot itu ? Mohon di balas ya

    BalasHapus

Sila komentar. Komentarmu adalah penyemangat untuk tulisan berikutnya! See ya! ^^

Ada kesalahan di dalam gadget ini