6 Juli 2013

[Assignment to Article]: Indonesia is a great country...

Hei, hei teman-teman semua sebangsa dan setanah air. Yang merasa sebangsa silahkan tepuk tangan ramai-ramai, jika tidak merasa silahkan tepuk teman sebelah anda lalu ucapkan kata sandinya (nah loh?). Ups, serasa ikutan kuis tebak apa gitu yang instruksinya begitu...

Di rubrik ini saya akan mengangkat sebuah artikel yang di dasari oleh sebuah tugas. Tugas apa? Bukan tugas kenegaraan apalagi tugas kantor, buang jauh-jauh deh pikiran begitu. Ini tugas yang menentukan hidup dan mati, naik tingkat atau tidak. Ah, ketahuan deh masih anak sekolahannya. Hehehe..

Ya. Seperti judul yang tertulis. Sebelum menjadi sebuah artikel, gue mendapat tugas mewawancarai seorang turis asing atau bahasa kerennya, BULE. Bule itu bukan istrinya pale loh. Eh, itu Pak 'Le ya? :D

Kenapa bisa diangkat menjadi sebuah artikel? Alasan utamanya ialah para bule-bule ternyata mencintai negeri ini sekaligus negerinya sendiri. Susah juga ya bisa mencintai dua negara seperti itu. Biasanya mereka berada di negara kita untuk bekerja ataupun melancong ke tempat-tempat wisata yang memang sedang mendunia nih.

Okeh. Sasaran pertama kita merupakan seorang asli dari negeri sakura alias Jepang dan namanya adalah Mr. Kiki-san. Maaf, nama asli hanya boleh ditampilkan seijin dari emak bapak, ncang ncing, nyak babeh, bahkan yang punya namanya sendiri. Jadi, panggilannya saja ya.

Jangan salah pikir. Kiki-san itu laki-laki bro! Bukan peyempuan apalagi keduanya. :D

Mari mulai saja artikel ini daripada melenceng kemana-mana tanpa arah yang jelas. Here we go...


(kiri) David, Angel, gue, Mr. Kiki-san, Maikel


Okay, Sir. Pick one of our flash card.
Okay. I pick this one!

He took 'music' flash card, it means that we will start our interviewing with Music Topic.
1. Jenis musik apa yang anda sukai? 
Saya suka musik pop. Namun beraliran old theme (eaa, ketauan jaman sebenarnya), biasanya musik-musik atau lagu-lagu Jepang.

2. Dimana anda mendapatkan lagu-lagu itu sedangkan Anda sekarang berada di Indonesia?
Saya mendownload lagu itu pada saat saya masih di Jepang lalu saya masukkan ke dalam ipod lalu saya mainkan lagu-lagu itu pada saat menyetir atau sedang jogging. (nah... orang Jepang juga suka yang gratisan. Bela-bela euy, bawa dari Jepang!)

Bertanya-tanya berbagai macam hal tentang musik, lalu ambil flash card berikutnya. Pertanyaan berikutnya seputar olahraga / 'sport'.

3. Apakah anda nonton final Liga Champions semalam?
Maikel nih.. Maikel...
Oh, tidak. Saya tidak terlalu suka dengan sepakbola. (Owwww...)

4. Seputar sepakbola, seperti yang kita tahu bahwa sepakbola di Jepang tengah maju pesat. Menurutmu, apa yang harus dilakukan oleh pemerintah Indonesia agar paling tidak bisa menembus piala dunia?
Wah, pertanyaan yang cukup berat ya. Sebenarnya untuk mencapai hal tersebut yang harus dilakukan adalah latihan.

5. Contoh pelatihannya?
Di Jepang itu, sejak masih kecil anak-anak dibina dalam olahraga sehingga saat sudah dewasa dan meneruskan karir di persebakbolaan bisa dibantu.

6. Dibantu pemerintah?
Of course. Pemerintah kami mendukung dalam hal ini.

(wiiii, prok prok prok.. Gak heran yah!!)

7. Kita ganti topik lagi ya... Now, this topic about LOVE.
Hahaha.. (ngomong-ngomong, ini dia beneran ketawa loh begitu dibilang topik berikutnya tentang LOVE)

8. Apa pendapat anda tentang LOVE?
Hahaha... (Nih dia, ketawa mulu.. Kebingungan sendiri ternyata...)
Apa ya? Menurut saya cinta itu sulit untuk dijelaskan namun cukup mudah untuk dirasakan. (what's the maksud?)

9. Hahaha... (Ini gue, pura-pura ketawa. Mengalihkan pembicaraan...) Gini deh, adakah seseorang yang anda jadikan panutan? Atau ada orang yang dijadikan contoh dalam hidup anda?
Oh, banyak. Seorang senior saya saat masih dikuliah salah satunya. Selain itu masih banyak lagi orang-orang yang patut ku jadikan panutan.

Perhatian... Mulai dari sini, topiknya mulai acak-acak, jadi tangkap sendiri yaa.. ^^

10. Oh, Anda kuliah dimana?
Fukuoka University

11. Oke. Ngomong-ngomong, sudah berapa lama anda tinggal di Indonesia?
2 tahun

12. Apa pendapat anda tentang Indonesia?
Indonesia is a great country! (terkesima...) 

Why?
Karena di Indonesia, orangnya ramah-ramah (sudah tentu...) selain itu di Indonesia itu hangat (panas kali misterr, bukan hangat lageeee...). Di Indonesia juga mudah membuat segala sesuatu. Saya hanya perlu satu jam untuk membuat SIM dan KTP (nah lo!) sementara di Jepang butuh lebih dari 3 bulan. (We o We!!)

Hahaha.. (entah ini ketawain apa? Harus bangga atau... ???)
Lalu, makanan Indonesia apa yang anda sukai?
NASI PADANG!
(jelaaaaaasss.... number 1 in the world gitu loh, misterrrr...)

Hebat! Ngomong-ngomong (kebanyakan ngomong) bagaimana anda bisa memutuskan untuk bekerja di Indonesia? Bukannya Jepang itu terkenal dengan industrinya yang sedang maju ya?
Saya sebenarnya punya impian untuk keliling dunia. Lalu setelah berhasil berkunjung ke beberapa negara, lalu saya memutuskan untuk tinggal disini. Paling nyaman disini... (eaaaa....)

Wow! Bagaimana anda bisa keliling dunia?
Waktu saya kuliah, ada sebuah program (ini programnya gue gak tau namanyaa karena dia kurang jelas ngomongnya..) lalu seluruh peserta program itu bekerja di sebuah kapal pesiar yang berkeliling dunia. Kami disana bekerja sekaligus belajar.

AMAZING!
Lalu saya berhasil berkunjung ke Mesir, New Zealand dan banyak negara lainnya lagi.

Wiiih... Keren!
Hahaha... Kalian juga bisa kok, asal belajar dan berusaha keras.

Sip Misterr...

Diakhir percakapan, kami menyempatkan diri untuk berfoto-foto ria. Sebagai informasi, ada beberapa pembicaraan yang di cut cut cut ya. Jadi nikmati saja, ambil nilai positifnya. Saya menyimpulkan,

"Mereka, para warga negara asing rela melepaskan kewarganegaraannya demi hidup di Indonesia. Mereka mengagumi Indonesia. Bahkan sampai ada yang cinta Indonesia. Nah, kita? Sebagai warga negara asli, lahir, hidup dan berkembang dinegara ini, sudahkah kita berbangga dengan negri ini? Tanya lah pada dirimu sendiri. Kelak, kau akan menyebutkan kalimat Mr. Kiki-san tadi. Indonesia is a great country! dan berbangga menjadi warga negara Indonesia..."



Sekian. Semoga wawancara ini bermanfaat sekaligus mengambil sisi positifnya. Jangan membandingkan, karena setiap negara ada positif dan negatifnya. Okeh!

Salam Great!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Sila komentar. Komentarmu adalah penyemangat untuk tulisan berikutnya! See ya! ^^

Ada kesalahan di dalam gadget ini