21 Januari 2014

(21th) Favourite Words

DISCLAIMER:
Hai! Inilah proyek menulis marathon '31 Days Full of Articles' hari ke Dua Puluh Satu! Kamu ingin join atau membaca tulisan sebelumnya atau sesudahnya, silahkan klik disini...

---------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Profil Penulis:

Halo! Tanpa terasa, kita sudah sampai dihari ke 21 dibulan Januari ini. Hari ini, kita kedatangan penulis tamu lagi loooh.. Bersyukur banget bisa dapat penulis tamu seperti Roy Adiputra. He is my lovely author! Hahaha.. Sudah kenal belum sama Apoteker yang sudah punya segudang prestasi ini? Kalau belum, yuk kenalan Doi lewat twitter atau facebook juga boleh. No need to wait, here we go to his writing!
----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Oleh: Roy Adiputra


“Not all of us can do great things. But we can do small things with great love.”
~ Mother Teresa ~
source
Kata-kata ini sangat indah. Bukan karena rangkaian kata-katanya, tapi karena integritas dari yang mengucapkannya. Beliau telah melakukan apa yang ia katakan. Saya banyak belajar dari Bunda Teresa. Beliau tidak pernah melakukan hal besar dalam hidupnya. Ia hanya melakukan hal-hal kecil yang seharusnya dapat dilakukan oleh setiap manusia. Tapi, dengan hanya melakukan hal-hal kecil saja, beliau bisa menjadi sangat terkenal. Bagaimana jika beliau melakukan hal besar?

Jika kita melakukan hal besar seperti menjatuhkan uang dari atas pesawat, kemudian kita menjadi terkenal, itu wajar, karena hal yang kita lakukan memang hal besar. Tapi, ketika kita menolong orang sakit yang banyak jumlahnya di jalan-jalan, apakah kita akan menjadi terkenal?

Bunda Teresa telah membuktikan dengan hidupnya, bahwa tidak perlu melakukan hal besar untuk dapat berarti bagi sesama, kita cukup melakukan hal-hal kecil yang dianggap tidak berarti oleh orang lain, asalkan kita melakukannya dengan penuh cinta dan kesungguhan, maka hal sekecil apapun akan menjadi sangat berarti.

Bukan hal besar dan hebat yang dapat membesarkan seseorang, melainkan kesetiaan melakukan hal-hal kecil. Bagi saya, sangat sulit untuk setia pada hal-hal kecil, apalagi kalau kita tahu bahwa itu adalah hal kecil, tentu kita akan cenderung menganggap remeh dan menjadi malas untuk melakukan hal tersebut

Kita tentu akan lebih termotivasi kalau kita dipercaya melakukan hal-hal besar. Maka dari itu, ada sebuah sabda, “Barangsiapa setia dalam perkara-perkara kecil, ia setia juga dalam perkara-perkara besar.” Saya sangat sering membaca dan mendengar sabda ini, tetapi baru saat ini saya benar-benar mengerti artinya. Jika dalam perkara kecil yang tidak penting, yang tidak diperhatikan orang saja kita mampu untuk setia, apalagi dalam perkara besar, tentu kita akan lebih setia lagi.

Saya juga belajar dari Bunda Teresa bahwa bukan seberapa banyak yang kita lakukan, tetapi seberapa besar cinta yang kita sertakan dalam tindakan kita. Percuma kita melakukan begitu banyak hal besar, bahkan dalam jadwal yang sangat padat setiap menitnya, tetapi kalau kita tidak menyertakan cinta dalam tindakan kita, maka semua yang kita lakukan akan terasa hampa, sia-sia, dan tidak memberi makna baik bagi diri kita maupun bagi orang lain.

Bagi saya, yang terpenting bukan hal besar atau hal kecil yang kita lakukan, tetapi apa yang dapat kita maknai dari hal tersebut. Saya sendiri sering melakukan hal besar, tetapi seringkali justru dalam hal-hal kecil, saya mendapatkan pelajaran lebih banyak. Hal kecil yang dilakukan dengan penuh cinta akan menjadi hal besar bagi orang-orang yang merasakannya, sebaliknya hal besar yang kita lakukan, biasanya hanya menjadi sensasi sesaat, kehebohan sesaat, tetapi hal tersebut tidak memiliki kesan mendalam di hati orang-orang yang berperan dalam kejadian tersebut. Ini hanya akan menjadi sebuah kejadian yang cepat terkenal, dan cepat dilupakan, sama seperti popularitas artis-artis masa kini.

Bunda Teresa telah menjadikan hidupnya sebagai sebuah teladan, bukansebagian, tapi seluruhnya. Teladan bahwa hal kecil dapat mengalahkan hal besar, dan tidak selalu hal yang besar dapat lebih berarti dibandingkan hal kecil. Bunda Teresa telah mengajarkan pada dunia, dan terutama pada diri saya, bahwa tidak perlu melakukan hal besar untuk meraih sesuatu yang besar, asalkan kita menjalankan hal-hal kecil yang harus kita lakukan dengan penuh kesetiaan dan komitmen, kita pasti dapat meraih hal besar.

Bunda Teresa adalah motivator terbaik dalam hidup saya. Memang, saya belum pernah bertemu beliau secara langsung, tetapi berita tentang tindakannya telah tersebar ke seluruh dunia. Ketika masih duduk di bangku sekolah dasar, saya sangat ingin bertemu beliau. Karena menurut saya, beliau adalah calon santa yang masih hidup ketika itu. Meskipun impian itu tidak akan pernah terwujud, bagaimanapun, beliau telah memberikan inspirasi yang begitu besar dalam hidup Jika motivator pada umumnya mengajarkan untuk melakukan hal besar, Bunda Teresa malah mengajarkan untuk melakukan hal-hal kecil. Dan Bunda Teresa telah membuktikan bahwa caranya berhasil. Saat ini, beliau lebih dikenang, lebih menginspirasi, dan lebih membawa manfaat bagi dunia daripada motivator terbaik manapun saat ini.

Beliau telah membuktikan dengan hidupnya bahwa tindakan jauh lebih ampuh daripada sekedar kata-kata dan bahwa hal kecil yang dikerjakan dengan penuh cinta jauh lebih berarti daripada hal besar yang dilakukan tanpa cinta.

Terima kasih Bunda Teresa karena telah menginspirasi saya. Bukan hanya dengan kata-kata tapi dengan tindakan nyata.

***

*Tulisan ini dibuat khusus untuk dimuat dalam blog milik Sasa
(Thanks a lot Roy! :*)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Sila komentar. Komentarmu adalah penyemangat untuk tulisan berikutnya! See ya! ^^

Ada kesalahan di dalam gadget ini